Cara Memindah Blogspot ke WordPres

Share on :

Cara Memindah Blogspot ke WordPres - Halooo sobat :) Artikel tutorial lagi nih , hehehe :) kemarin kambing juga sempat kesusahan cari nih tutorial ginian tapi akhirnya dapet juga :) mungkin ada yang butuh nih ? Oke simak sampe akhir ye :)

Cara Memindah Blogspot ke WordPres Bukan berarti WordPress lebih baik di banding Blogger lho. Meskipun Saya belum memilih WordPress, karena platform ini merurutku lebih mudah digunakan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi blog. Dengan plugin otomatis yang sangat banyak di WordPress memudahkan kita sebagai blogger untuk bisa memaksimalkan kinerja blog kita.

Oh, iya sebagai arsip buat belajar seo sendiri dan juga barangkali teman-teman ada yang belum tau cara memindah dari Blogspot ke WordPress, Untuk memindah Blogger ke WordPress anda harus sudah menyiapkan domain. Baik domain berbayar ataupun domain gratisan seperti co.cc yang sudah sangat populer. Berikut adalah panduannya:

1. Pertama kali login ke acount blogger.com dan lakukan backup posting dan komentar blog melalui menu: Setting -> Basic -> Export blog, kemudian simpan file (.xml) ke komputer anda.


2. Setelah itu jika sebelumnya blog anda telah memakai domain, silahkan copot/lepaskan domain tersebut dari server yang lama dengan cara: Setting -> Publishing -> Switch to Blogspot domain. Setelah langkah ini domain untuk sementara tidak bisa diakses. Ingat, cara nomor (2) ini khusus buat blogspot yang telah memakai domain sendiri. Jika blogspot anda masih dengan domain aslinya yaitu www.namadomain.blogspot.com maka cara nomor (2) ini abaikan saja.

3. Jika anda sudah menyiapkan domain, silahkan masuk ke domain manager, untuk link url domain manager ini masing-masing penyedia hosting berbeda-beda. Jika anda tidak tahu bisa tanyakan ke Customer Support penyedia hosting anda. Dalam tahap ini anda harus mengarahkan domain ke server yang akan anda gunakan untuk menyimpan semua data WordPress anda dengan cara: merubah / menyesuaikan Name Server (NS)

4. Biasanya untuk update domain tersebut memerlukan beberapa jam sampai bisa diakses normal. Istilahnya kita menunggu Resolve DNS sampe domain benar-benar sudah bisa mengarah ke server yang telah kita setting di NS tadi.

5. Setelah domain sudah bisa diakses, masuk cpanel dan cara menu Fantastico. Harap diperhatikan bahwa tidak semua penyedia hosting menyediakan fasilitas ini. Jika menu Fantastico De Luxe tidak anda temukan, maka software yang fungsinya sama persis adalah Softaculous. Kemudian install WordPress melalui salah satu software tersebut.

6. Setelah proses install worpress berhasil, silahkan menuju ke halaman admin worpress dengan alamat http://namadomainanda.com/wp-admin dan login menggunakan data user dan password yang telah anda tentukan di dari proses taham nomor (5) tadi.

7. Dari halaman Dashboard WordPress, klik menu Setting -> Permalinks hal ini untuk merubah link supaya link nya sama dengan permalink posting anda di blogspot. Pilih permalink Custom Stucture lalu masukkan /%year%/%monthnum%/%postname%.html kemudian klik Save Changes untuk menyimpan perubahan. Fungsi merubah permalink ini adalah agar link url semua postingan di WordPress nantinya sama dengan format permalink di blogspot yaitu: http://www.adethea.com/2010/08/sample-post.html.

8. Selanjutnya adalah mengconversi file standar hasil backup dari Blogger (.xml) menjadi file format Worpress (.wxr) dengan memakai tools gratis yang bisa anda akses di alamat url: http://blogger2wordpress.appspot.com kemudian simpan file hasil konversi (.wxr) tersebut komputer anda.

9. Sekarang saatnya mengimport melalui menu Tools -> Import -> WordPress. Jika plugin import ini belum terinstal maka anda harus mendownload dan menginstalnya terlebih dulu melalui menu seperti diatas. Setelah terinstall kembali lagi ke menu Tools -> Import -> WordPress dan upload file hasil konfersi tadi (.xwr)

Sampai disini blog anda sudah bisa siap berjalan di platform WordPress dengan posting sekaligus komentar semua sudah otomatis tersimpan di WordPress anda.

Sekian Dulu artikel tentang Cara Memindah Blogspot ke WordPres , Semoga bermanfaat :)
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memindah Blogspot ke WordPres dan anda bisa menemukan artikel Cara Memindah Blogspot ke WordPres ini dengan url http://coretan-sikambing.blogspot.com/2011/12/cara-memindah-blogspot-ke-wordpres.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Memindah Blogspot ke WordPres ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Memindah Blogspot ke WordPres sumbernya.

{ 13 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

wah cukup mudah juga ya sob
thanks udah share happy blogging

Unknown mengatakan...

wah dah cinta banget ma blogger mas... tidak pindah kelain hati...

AYRIY ZONE mengatakan...

Mantap tutornya sob,, thanks

Asalim mengatakan...

Salam kenal saja , mantap!

Unknown mengatakan...

hmmm,tp wordpress gk bgtu enak mnrutku. eh mw nanya klo memindah dari wordpress k blogspot bisa gak?

Dicky Rahman Ramadhan mengatakan...

@Wahid : hehehhe iya sob :)
@guru : hahahah sama mas :) ini cuma tutor kok :)
@ayriy zone : hahahah sama sama mas :)
@asalim : oke salam kenal juga :)
@kelompok 4 : Tunggu tutor selanjutnya mas :)

Mbah Qopet mengatakan...

kebetulan nih sya mau pindah ke WP alias mau pake WP , thanks infonya

rusydi mengatakan...

ternyata tinggal klik export di bagian setting ya. walau udah diekspor gitu tetep bisa pakai blogger kan

gan mengatakan...

nih gan ada sesuatu buka aja yaaaaaaa http://www.gandjarexe.com/2012/01/award-pertama-blognya-cheat.html

Blogger Blegedes mengatakan...

coba dulu aaahh di blog yang laen... semoga berhasil... thanks infonya sob..

Keep Post and Keep Blogging ^_^

Unknown mengatakan...

Saya sudah pernah dlu, tapi ko ga semuanya ke kirim yach? apa memang artikelnya kebanyakan?

Unknown mengatakan...

blog sama wordpress tuh bagusan mana ?

yudhy mengatakan...

setelah semua selesai, apakah permalink bisa diset sesuai yang kita inginkan ?

Posting Komentar